0 7

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tumpang pada hari Jum’at 8 Juni 2018 bertempat di Balai Desa Slamet melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kerja dan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018. Bimtek ini diikuti oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Sekretariat PPS dan KPPS Desa Slamet dan Desa Wringinsongo

Ketua PPK Kecamatan Tumpang, Drs. Moch. Anwar membuka secara resmi pelaksanaan Bimtek yang dimulai pada lebih kurang pukul 20.00 WIB. Seluruh Komisioner PPK dan staf Sekretariat PPK Kecamatan Tumpang menghadiri pembukaan Bimtek yang dihelat di Balai Desa Slamet ini.

 

0 8

Pada hari Jum’at tanggal 8 Mei 2018 Kecamatan Tumpang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Malangsuko mengadakan Bimbingan Teknis Linmas guna membantu Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tanggal 27 Juni 2018 diharapkan Peran serta Linmas guna mendukung keamanan dan ketentraman dilingkungan dan Kasi Trantib Kec. Tumpang (M. ROSIDI) mengingatkan bahwa pentingnya peran serta Linmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menyampaikan fungsi linmas dalam kehidupan masyarakat sehari – hari berdasarkan asas legalitas, yaitu :

  • Fungsi Linmas sebagai bagian dalam penanggulangan bencana
  • Fungsi Linmas sebagai bagian dalam pengamanan pemilu
  • Fungsi Linmas sebagai bagian dalam antisipasi terorisme
  • Fungsi Linmas dalam keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat
  • Fungsi Linmas dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya.

0 11

Pada hari Jum’at Tgl. 08 Juni 2018 pkl 17.00 s.d 20.10 Wib, telah dilaksanakan giat _*Safari Ramadhan PJU Polres Malang bersama Muspika Jajaran Tumpang*_ bertempat di kediaman Bpk. H. Dulbari alamat Jl. Raya Kauman No. 6 Rt. 07 Rw. 10 Desa Tumpang Lec. Tumpang dan di lanjutkan Sholat Taraweh di Masjid Al Hurriyyah Jl. Raya Tumpang Desa Tumpang Kec.Tumpang Kab. Malang yg di ikuti kurang lebih 150 Undangan.

A. Hadir dalam giat tsbt :
1. PJU. Polres Malang :
2. Wakapolres Malang. Kompol. Deky Hermansyah. S.H,M.H.
3. Kabag. Ops. Kompol. H. Sunardi Riyono
4. Kasat Binmas, AKP. Ainun Djariah
5. Kasat Sabhara. AKP. M. Lutfi.
6. Kanit Opsnak V Sat Intelkam, Ipda. Bambang Subinanjar. SE
7. Muspika Tumpang :
8. Camat Tumpang, Sugeng Prayitno. S. sos.
9. Danramil Tumpang, Kapten Kav. Darto Suwito
10. Kapolsek Tumpang, AKP. Yusuf Suryadi
11. Ka Dishub. Tumpang, Anton Muji Pangestu. SH.
12. Ketua MUI Tumpang, Drs. H. Qomarul Ghulam.
13. Ketua MWC. NU. Tumpang. Miftakhul Munir, S. Pdi
14. PC. NU. Kab. H. Samsul Arifin.
15. Tokoh Ulama Kec. Tumpang.
16. Seluruh Kades Jajaran Kec. Tumpang.
17. Tokoh Masyarakat Kec. Tumpang.
18. Jajaran Muspika Rayon Tumpang
19. Para Kapolsek Jajaran Rayon Tumpang beserta 4 Anggota
20. Para Danramil Jajaran Rayon Tumpang beserta 2 Anggota
21. Pers. Polsek Tumpang
22. Pers Koramil Tumpang

B. Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan sbb :

  1. Pembukaan oleh Ust. Choiril Huda
  2. Sambutan dari Muspika Tumpang, yg di wakili, oleh Danramil Tumpang, Kapten Kav. Darto Suwito :
  3. Ucapan Selamat datang kepada PJU. Polres yg di pimpin oleh Bapak Wakapolres beserta Rombongan dan berterimah kasih kpd seluruh undangan yg hadir baik dari Muspika Tumpang maupun dari jajaran Rayon Tumpang yg telah hadir dalam giat Safari Ramadhan, dan smoga kegiatan seperti ini dapat memper erat talih sirahturahmi yg selama ini sudah terjalin dg baik dn bersinergi dlm menjaga Harkamtibmas Umumnya di Kabupaten Malang khususnya di Wilayah Kec. Tumpag.
  4. Sambutan dari Wakapolres Malang, Kompol Deky Hermansyah. S.H,M.Hum
  5. Menyampaikan bahwa dlm Kunjungan Safari Ramadhan, Bpk Wakapolres ingin secara langsung mendengarkan Suara Masyarakat yg bertujuan utk Publick Trust Polri ( membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri )
  6. Pembacaan Qultum dan Doa, oleh H. Abdul Salam. S.Ag
  7. Pembatalan Puasa, minum dan takjil
  8. Sholat Maghrib berjamaah di Mushola Rumah. H. Dulbari
  9. Buka puasa bersama di kediaman H. Dulbari
  10. Sholat Isya’ dilanjutkan Tarawih & Witir berjamaah di Masjid Al Hurriyyah, Jl. Raya Tumpang Kec. Tumpang Kab. Malang

C. Sambutan-sambutan :*
• Sambutan Bpk.Drs.H.Qomarul Ghulam (Takmir Masjid Al Hurriyyah) yang intinya:
• Mengucapkan terimakasih atas kedatangan rombongan PJU Polres Malang dan Jajaran Muspika Rayon Tumpang beserta para Tokoh Agama dan Kepala Desa beserta staff atas kegiatan safari Ramadhan singgah di Masjid Al Hurriyyah Tumpang.
• Mengucapkan permohonan ma’af yg sebesar2nya krn tdk kehadiran Bpk. Kapolres di karena suatu hal Dinas yg mendadak, oleh karena itu Bpk. Wakapolres. Kompol Deky Hermansyah mewakili untuk memberkan sambutan sbb :
• mohon saran dan masukan kepada masyarakat terkait Publick Trust ( membangun kepercayaan masyarakat kpd Polri)
• Smoga di Bulan Ramadhan ini Puasa kita di Sempurnakan sampai Hari Raya Idul Fitri.
• Alhamdulilah di Wilayah Kec. Tumpang ini sudah tidak ada atau terdengar suara Petasan/Mercon beda dg dua tahun yg lalu.
• Insyakallah di Wilayah Tumpang tdk ada yg di duga, Aliran Islam Garis Keras/Radikal bilamana ada warga masyarakat yg mendengar atau mengetahui informasi Silakan segera merespon utk segera melapor ke Petugas Kepolisian yg terdekat
• Mauidhoh Hasannah oleh,Bapak Kabag Ops. Kompol. Sunardi Riyono yang intinya:
• Kita hidup di Negara Kesatuan NKRI yg mana sangat Komplek dg keragaman, Suku, Ras, Agama dan Keyakinan dan banyak Perbedaan2 baik secara Adat Istiadat maupun Norma2 lingkungan yg ada di sekitar kita.
• dengan adanya keragaman Kultur kita harus senantiasa bersatu Berbhineka tunggal ika dgn dasar Pancasila.
• sekarang ini banyak Pemahaman2 Radikal Islam Garis keras dan Perbedaan sesama Islam utk menyikapi hal tsbt maka kembalilah ke jalan yg benar dg pedoman pada Al Qur an dan Hadist.
• Pemahaman Islam Radikal yg berbai’at pd ISIS sekarang ini sdh menyebar di Dunia dan salah satunya di Negara kita Indonesia guna Penangkalanya kita bersama2 dg segala Unsur baik dari BNPT, maupun Lembaga Pemerintah dgn mencanangkan Program Deradikalisasi yg selama ini sudah terlaksana guna Penyadaran kembali ke jalan yg benar terhadap kelompok2 yg beraliansi Islam Garis Keras/Radikal
• Terhadap bahaya Ancaman Teroris melalui Pengeboman2 yg telah terjadi baik di Mako Polri maupun Gereja2 kita harus bersama sama, menggalakan Tamu wajib Lapor 1X 24 jam, dan mendata warga pendatang baru, serta sesegera mungkin utk meminta Dokumen Identitas guna utk Pencegahan terhadap hal2 yg tidak di inginkan serta meningkatkan kewaspadaan di daerahnya masing2 dg menggalakan kembali Pos Simkampling terpadu utk menciptakan Harkamtibmas yg Kondusif.
• Penutup dan doa dipimpin oleh, Drs. H. Qomarul Ghulam.
• Demikian Komandan Laporan giat Safari Ramadhan, PJU Polres Malang dg Rayon Tumpang beserta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat selama giat berlangsung hingga selesai, aman tertib dan Kondusif.

0 9

Kidal, 7 Juni 2018 ( Kamis Wage )

Pagi yang cerah di Desa Kidal Kecamatan Tumpang,  masyarakat seperti biasa ada yang pergi ke pasar Desa Kidal , keladang dan juga beraktivitas seperti biasanya, tapi ada yang tidak biasa pagi itu yaitu dengan adanya pemasangan sepanduk dibeberapa ruas jalan yang rusak. Inti dari pemasangan sepanduk itu adalah kerena beberapa warga yang ingin menyampaikan aspirasi karena mereka menganggab bahwa ruas jalan yang berada di ruas depan rumah mereka tidak diperhatikan Pemerintah Desa.

Muspika Tumpang melihat permasalahan tersebut langsung tanggab dan melakukan koordinasi dengan cepat, Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ) memerintahkan Kasi trantib kerana beliau sedang ada acara di tempat lain dan juga Kapolsek ( AKP Jusuf Suryadi ) Dan Ramil Tumpang ( Kapten. Kav. Darto S. ) juga turut hadir dari Kasubag PU Tumpang Bpk. Samsul Arifin. dari pihak masyarakat yang hadir sebagai perwakilan 6 orang yang dipimpin oleh Sutrisno, Dusun Kidal Krajan Rt. 31 Rw. 02 Desa Kidal Kecamatan Tumapang.

Koordinasi dilakukan di Balai Desa Kidal, sambutan Kepala Desa Kidal ( Achmad Taufik ) menyampaikan terimaksih pada perwakilan yang hadir dan yang memasang sepanduk serta bener yang intinya minta agar jalan yang rusak segera diperbaiki, namun Kepala Desa minta agar aspirasi apapun dikomunikasikan dulu dengan Desa kita terbuka untuk diajak duduk bersama dan berbicara.

sambutan dilanjutkan dengan tanya jawab yang intinya memberikan kesempatan pada warga yang hadir untuk bertanya kepada pihak terkait. setelah tanya jawab dan ada penjelasan dari Kasubag PU Kecamatan Tumpang ( Samsul Arifin ) warga bertambah paham bagaimana prosedur membangun dan apa saja yang harus di lalui serta yang dibangun itu tanggung jawab pihak mana Desa atau pihak ketiga. Setelah mendengankan penjelasan dari pihak Muspika  warga yang datang menyatakan paham dan menyampaikan permohonan maaf atas apa yang dilakukan itu provokativ  “grusah grusuh”.

jika semua pihak sudah duduk bersama dan saling menghormati maka sebuah nyayian sumbang akan menjadi nyayian yang merdu dan semua pihak akan senang untuk mendengarkan.

 

 

 

0 20

Senin, 4 Juni 2018 

Judul yang sangat tepat sebenarnya untuk Safarai Romadhon Kabupaten Malang saat ini adalah SAFARI BHINEKA TUNGGAL IKA R0MADHON , Mengingat Safari Romadhon saat ini sangat berbeda, jika umumnya yang diundang dalam safari Romadhon adalah kaum muslim yang akan melakukan buka dan Tarawih bersama tapi dalam Safarai yang di tempat kan di Pondok sahabat Bpk Bupati Malang Drs. H. Rendra krisna. BcKU. SH,MM,MPM ( Gus Zain Baik ) tepatnya di Desa Pandanajeng Kecamatan Tumpang ini yang di undang berbagai suku dan agama juga turut di undang diantaranya;

  1. Andik Hong,Perkumpulan Pengusaha 9 Naga
  2. Para Jemaah Pondok Az – Zainy
  3. Suster Karmel,Suster Petra
  4. Perwakilan Gereja ,Rm Eko Putranto O.Carm,Rm Hairo dn Rm Alkalis

Dalam safari tersebut bpk Wakil Bupati ( Drs.H.M.Sanusi,MM ) juga ikut hadir  dan rektor dari Universitas Brawijaya Malang Prof.Bisri dan Prof.Dr,Sarjono dan banyak undangan dari tokoh penting Kabupaten Malang lainya.

Dalam sambutanya Bapak Bupati  mengucapan selamat kepada hadirin yang telah hadir dalam giat keagamaan yangg terlaksana di Pon-Pes Az. Zainy dan selamat menunaikan Ibadah puasa yang ke 19 hari bagi yg ber-agama Islam.
semoga pertemuan di sini bisa menjadi pembelajaran sebagai contoh di Pon-Pes Az Zainy sebagai pondok rehabilitasi mental yang sangat baik dalam keberadaanya khususnya bagi Pemerintah patut kita Contoh, dengan kemandirianya Gus Zain Baik ( Pemilik dan Pengasuh Pon-Pes) telah berhasil dalam berbagai Penyembuhan Penyakit Mental selain itu juga bisa untuk belajar mendalami Ilmu Agama Islam.
Gus Zain Baik juga berhasil mewujudkan Pertemuan Lintas Agama sesuai dengan Kebhinekaan tunggal ika, yg mana walau kita berbeda demi kepentingan berbangsa dan bernegara sehingga tercipta situasi yg harmonis dn saling toleransi.

Mauidhoh Hasanah oleh Gus Zain dan dalam kesempatan tersebut beliu berharap
Smoga di Wilayah Kabupaten Malang tercipta Situasi yang aman dn kondusif yg sekarang ini di Wilayah khususnya Jatim memasuki tahapan Pilgub Jatim 2018
Smoga hadirin dalam pengajian ini mendapat keridhohan dari Allah Swt. utk mendapatkan syafaat jalan menuju Surga, sesuai degan amal dan perbuatan, maka berbondong2lah menuju Jalan Kebaikan mumpung di Bulan Suci Ramadhan.
Di Bulan Suci Ramadhan ini ada empat perkara yg banyak mendapatkan pahala
antara lain :
Pertama, degan pembacaan Al Qur’an
Kedua, degan menjaga lisan dan ucapan
Ketiga, degan sedekah atau suka memberi amal
Keempat, degan berpuasalah di Bulan Ramadhan

Dengan bersatunya tokoh lintas agama Kabupaten Malang dan Umaro serta Masyarakat maka Kabupaten Malang siap menghadapi PILGUB 2018 dengan aman

0 15

Rabu, 11 April 2018 telah dilaksanakan Bimbingan Teknis 10 Program Pokok PKK yang digelar oleh Penggerak PKK Kabupaten Malang, turut hadir Ibu Jajuk Rendra Kresna sebagai Ketua Penggerak Kabupaten Malang.
Kegiatan ini dimulai jam 09.00 WIB dengan diawali Pembinaan PKK Desa Pokja 1 sampai 4. Dan dilanjutkan Bu Jajuk Rendra Kresna memberikan motivasi kepada murid Paud. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada orang tua/ Wali agar menjaga anak sebagai titipan Tuhan dengan baik terutama pendidikan, gizi dan kasih sayang.

0 9

Duwet Krajan , 30 Mei 2018

Team Safarai Romadhon yang dikuti oleh semua Muspika Kecamatan serta UPTD tokoh agama itu punya misi yang intinya agar Umaroh dapat lebih dekat dengan masyarakat serta dapat menjalin hubungan yang lebih baik, mengingat tak kenal maka tak sayang ujar Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ) .

Team dari Kecamatan saat ini terhitung sangat lengkap selain dari Muspika juga di ikuti dari MUI dan tokoh agama yang berada di wilayah Tumpang, seperti pengurus NU dan KUA.

setelah berbuka puasa dilanjutkan dengan tarawih iman tarawih Ust. Qomarul Ghulam. ibadah sholat tarawih berjalan dengan hikmat dan tenang meskipun suasana di Desa Duwet Krajan sangat dingin saat itu tempratur berkisar 17 0C saat itu.

saat diberikesempatan untuk memberi sambutan Camat tumpang menyampaikan beberapa hal yang dianggab urgen saat ini
• Tetap waspada terhadap warga pendatang
• Memperhatikan keamanan wilayah Desa , agar mendata setiap orang atau yang datang di Desa
• Untuk keamanan wilayah pak Dan Ramil dan pak Kapolsek selalu siap mengamankan wilayah  Tumpang ini 24 jam.
• Tadi siang kami kedatangan tamu dari pusat , kementrian , Bapenas, Dinas Pariwisata Kabupaten yang tujuanya survey wilayah dan kedepan akan di bangun apa di wilayah Duwet Krajan hal ini menandakan bahwa Desa Duwet Krajan ini diperhatikan / barokah.

Mouido khasanah Ust. MUSTOFA ( Pimpinan TPQ Darul Mustofa ) Malang Suko menyampaikan beberapa hal yang intinya kita harus tetap menjaga silaturohim dan bersatu sebagai umat beragama , kita jangan mau diombang ambingkandengan paham yang dapat menjerumuskan  kita sidah punya patokan sebagai negara yang berdasarkan Pancasila

Keutamaan silaturahmi telah banyak di sampaikan dalam hadist diantaranya adalah dapat menambah umur / umur panjang untuj itu mari kita sering bersilaturohmi baik pada tetangga, teman , atau ustat Kiai.

Pada malam hari ini kita sudah mendekati Malam Lailatul Qodhar untuk itu mari kita tingkatkan ibadhah kita , ramaikan Masjid baik malam 21 sampai malan 25 , agar kita dapat barokhah Malam lailatul Qodhar.

Penutup doa dari KH. Samsul Arifin dari Jago

 

0 14

Minggu ke Dua ini Kecamatan Tumpang sudah mulai melakukan safari romadhon dengan diawali dari Desa terdekat yaitu di Masjid Assajidin Dusun Kebonsari Desa Tumpang,  tujuan mungkin yang membedakan safari romadhon pada tahun 2018 ini . Kejadian  di tiga Gereja buat Jawa Timur merupakan guncangan dan kesedihan yang sangat mendalam sehingga misi dan tujuan safari saat ini selain ingin melihat kegiatan masyarakat di bulan romadhon secara langsung juga memberikan semacam sosialisasi dan penguatan di tingkat warga mengenai kaidah Islam yang benar .

Team Kecamatan selain melibatkan  semua  Kepala UPTD, PDAM, KUA, Polsek dan Koramil juga juga ada dari tokoh agama diantaranya : 

  1. KH. Qomarul Hulam  dari Desa Tumpang
  2. KH. Afandi Munir dari  Dusun Jago Desa Tumpang
  3. KH. Is adur Rofik  dari Desa Malang Suko
  4. Ust Mustofa dari Desa Malang Suko
  5. KH, Samsul Arifin daeri Dusun Jago Desa Tumpang                                                                                         

Dalam kesempatan yang diberikan di Masjid Assajidin Kebonsari Bpk. Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ) menyampaikan, agar masyarakat tetap solid jangan mau di adu domba dengan dalih apapun, agar perangkat Desa mendata setiap tamu yang hadir dilingkungan masing-masing tidak terkecuali saudara yang  datang pada saat lebaran yang perlu kita ingat adalah orang-orang yang meledakakan dirinya sekeluarga seperti di 3 Gereja  di Surabaya tidak ada rasa belas kasihan, penyesalan sehingga kita yang harus waspada dan setiap masyarakat harus membantu pihak keamanan dengan cara melaporkan jika terjadi kejanggalan. 

 

 

 

 

0 16

Tumpang , Jum’at 18 Juni 2018 :

Rapat Koordinasi yang diprakarsai oleh Muspika kecamatan Tumpang mengundang diantaranya :

  1. Tokoh Agama dari agama Islam Takmir Masjid 15 Desa
  2. Tokoh agama Kristen Dari Tiga Gereja ( Gereja Jawi Wetan  Pulung Dowo , Dorkas Pulung Dowo, Gereja Katulik Kebon Sari )
  3. Tokoh Masyarakat 15 Desa
  4. Kepala Desa beserta Sek-Des 15 Desa
  5. Anggota Polsek
  6. Anggota Koramil Tumpang
  7. Staf Kecamatan dan UPTD.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh 100 peserta tersebut merupakan jawaban dari apa yang telah terjadi di Surabaya pada hari minggu peledakan bom di tiga Gereja. Pembicara dalam Rapat :

  1. Sugeng Prayitna, S.Sos ( Camat Tumpang )
  2. Kapten DInf. Darto. S ( Dan Ramil Tumpang )
  3. AKP . M. Yusuf ( Kapolsek Tumpang ).

a. Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ) :

  1. Kewaspadaan harus ditingkatkan bukan saja di kota kecamatan tapi di 15 Desa harus di waspadai, aktivkan pos kamling ,
  2. Kepala Desa Supaya memerintahkan Ketua RT/RW lakukan pendatann setiap tamu yang datang di kos, di kontrakan maupun tamu lainya yang berkunjung keluarga.
  3.  Laporkan apabila ada tamu atau pendatang yang menolak di data catat No. Hp Kasi Trantib dan Polsek Tumpang.
  4. Jangan dikira orang -orang yang seperti itu ( Teroris ) ada rasa belas kasian kepada kita, mereka adalah orang yang sudah di cuci otak sehingga setiap orang yang berbeda pandangan akan di anggab musuh, intinya apabila ada orang yang mencurigakan segera lapor jangan menutupi atau ada rasa belas kasihan kaarena mereka tidak ada rasa itu.

Selanjutnya paparan dilanjutkan dengan wakil dari Polsek Tumpang ( Aipda, Hartono ) yang disampaikan kebanyakan dari data intelegen yang intinya agar warga waspada  pemicu kerusuhan atau hal yang mungkin dapat menyulut keributan dalam menghadapi lebaran antara lain ,kenaikan harga pangan, kelangkaan bahan bakar Gas ( LPG ) kelangkaan bahan bajar minyak ( BBM ) .

Sedangkan Dan Ramil Tumpang ( Kap. Inf. Darto.S ) lebih menyampaikan kronologi kejadian dari Mako Brimob sampai kejadian tiga Gereja di Surabaya merupakan. JAD di Indonesia saat kehilangan arah karena pimpinan mereka yang tertinggi ditahan karena terlibat kasus BOM Tamrin. Pemahaman seperti ini memang sangat perlu di tingkat tokoh dan masyarakat karena banyak sekarang berita yang hoax  yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Dari tiga unsur ( Pilar ) tersebut intinya kita jangan takut kepada teroris, yang penting tetap waspada terhadap teroris, setiap ada acara harus saling mendukung untuk pengamanan, Staf Kecamatan, Polisi, Anggota Koramil dan sampai Perangkat Desa bahkan juga melibatkan Ormas, dan exen dari pada komitmen yang dibuat ini adalah akan dilaksanakan pengamanan hari Minggu di tiga Geraja di wilayah Tumpang Misa Sore dan Pagi ….. Siap.

 

0 21

WhatsApp Image 2018-05-16 at 08.13.01WhatsApp Image 2018-05-15 at 10.12.01 (1)Pakisaji, 14 Mei 2018

lomba cipta menu yang diselenggarakan Dinas Ketahana Pangan Kabupaten Malang

yang bertempat di Kecamatan Pakisaji, Kecamatan Tumpang menciptakan berbagai menu yang setiap menu terbuat dari bahan yang di tanam atau telah di budidayakan di wilayah Kecamatan Tumpang.  lomba yang bertujuan peningkatan penggunaan makanan yang berasal dari bahan non beras dan terigu ini  tumpang dapat menyabet piagam dan piala dengan katagorri penampilan terbaik. 

Gelar penampilan terbaik untuk lomba menu makanan merupakan langkah yang sangat baik, mengingat penampilan identik dengan Kemasan, Negara maju selalu bisa mengemas setiap produknya dengan baik/ atau penampilanya sehingga produk mereka dapat di sukai di Dunia. lomba yang di komando-i sendiri oleh Bpk. Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ) dan Bu Sek-Cam ( Dra. Sri Pawening, M.Si ), ini berarti Kecamatan Tumpang tidak mengganggap sepele. ” Tumpang merupakan daerah penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru  dan juga tempat tujuan wisata sehingga kita harus bisa menampilkan serta menyediakan menu terbaik untuk wisatawan lokal maupun manca Negara “. Ujar Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ).

Dalam lomba menu kesempatan ini Kecamatan Tumpang menampilkan menu yang terdiri dari, menu pagi, menu siang, dan menu malam yang masing masing menu di sesuaikan dengan waktu misalnya untuk menu siang hari menampilkan jus rosela, Rol Gulung sauce kacang, sedangkan untuk pagi menampilkan bubur Mariyam serta jus jambu. 

selamat untuk kecamatan Tumpang semoga wisatawan yang singgah bisa lebih senang dengan banyaknya menu makanan yang higinis dan kemasan yang baik…..