Tak Berkategori

0 7

Tepat Jam 9.45 Wib IRUP ( Sugeng Prayitno, S.Sos Memasuki lapangan upacara dengan di dampingi Kapolsek Tumpang, ( AKP. Yusuf Suryadi ), Dan Ramil Tumpang, Kap. Kav , Darto.s ) serta ajudan ( Sukiono, SE.

Upacara peringatan HUT Ri yang ke 73 diikuti semua unsur dari UPT Kecamatan Tumpang, Anggota Polsek Tumpang, Anggota Koramil, serta siswa siswi SD sampai SLTA se Kecamatan tumpang dan Guru serta 15 Kepala Desa. Bertindak sebagai perwira upacara, Pelda HN. Kasim, dan Komandan upacara, Pelda, Suyono, sedangkan sebagai pembaca Doa Kepala KAU Tumpang.

Upacara berjalan dengan hikmat dan semua berjalan lancar, baik peserta maupun undangan mengikuti jalanya upacara dengan serius dan berkesan sakral. Hanya pada saat terakir ada salah satu siswa dari SMA yang jatuh pinsan karena tidak tahan panas sehingga setelah selesai beramah tamah mengucapkan selamat Bpk. Kapolsek Tumpang mengangkat si siswa untuk di bawa ke Puskesmas Tumpang.

Doa yang dibacakan oleh Kepala KUA tumpang sangat menyentuh semua peserta upacara yang intinya berterima kasih kepada Tuhan yang maha Esa karena hari ini kami berdiri disini karena Pahlawan-Pahlawan yaitu sebagai tangan Tuhan yang dapat membebaskan masyarakat dan Bangsa Indonesia dari cengkeraman penjajah.

 

0 6

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-73 Kecamatan Tumpang serentak mengadakan tahlil baik di Desa maupun di Kantor Kecamatan sendiri. Cara dan model dari 15 Desa melakukan tasyakuran dan tahlil bermacam-macam, ada yang menggelar tahli di jalan, di Masjid, di Mushola bahkan ada yang menhiasi jalan dengan damar sewu ( Lampu Seribu ). Meskipun kelihatan meriyah tapi tidak mengurangi ke-hikmatan dalam mensyukuri kemerdekan serta mengenang jasa para pahlawan serta mendoakan para suhada dan pimpinan Kabupaten malang serta Pemimpin Negara yang intinya agar Negara aman sejahtera.

Untuk Kecamatan sendiri melakukan Doa tahlil di Pendopo Kecamatan dan halaman.  Diantaranya yang hadir pada acara tersebut, Camat Tumpang sendiri ( Sugeng Prayitno, S.Sos ), Dan Ramil Tumpang Kap. Kav. Darto,S, Kapolsek Tumpang, AKP. Yusuf Suryadi, Staf Kecamatan, Kepala Desa se- Kecamatan Tumpang , undangan yang hadir juga dari tokoh agama, tokoh masyarakat serta mantan Kepala Desa, Mantan Camat Tumpang dan para Veteran perang kemerdekaan Republik Indonesia 8 orang. Undangan selainmengikuti acara tasyakuran dan tahlil juga di undang untuk renungan suci yang bertempat di Makam Pahlawan Kebonsari Tumpang.

Upacara renungan suci yang bertempat di makam pahlawan bertidak sebagai IRUP,  Dan Ramil Tumpang, Kap. Kav , Darto, S. sedangkan sebagai pemimpin upacara, Peltu, HN Kasim. dan dilanjutakan dengan menyalakan obor dan lilin oleh siswa SLTA. Diponegoro Tumpang dan SMA N 1 Tumpang.

0 16

Malang Wisata  Wisata Explore berkumjung ke Wisata Sumber 7, Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang.  Rombongan yang berjumlah sekitar 30 Orang itu bertujuan mengenalkan tujuan wisata yang berada di kawasan malang raya, pertama pada anggota dan masyarkat . Dalam kesemapatanpada acara tersebut anggota Malang Wisata Explore menyampaikan ” Tujuan kami mengenalkankan dan mem-promosikan tempat tempat wisata yang berada di kawasan malang dengan cara ber-swadaya “. ujar Sapto, ketua rombonga.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan pin dan pembagian stiker . Dari Desa uang di Undang Tokoh masyarakat, Witram, Supatah sedangkan dari Pok Darwis ketuanya yaitu , Sukiono, SE.

Dalam sambutanya  Ketua Pokdarwis Desa Duwet Krajan menyampaikan,” Wisata Sumber 7 ini selain sebagai wisata alam juga sebagai wisata Religi, utamanya banyak masyarakat dari Tengger datang kesini mengambil air dari mata air Sumber 7 ini karena air disini dianggab mempunyai khasiat untuk penyembuhan, bahkan bukan saja orang dari Tengger tapi banyak warga dari luar Malang datang kesini untuk mengambil air, sambil menunjuk kearah kiri Ketua Pokdarwis Duwet Krajan menjelaskan bahwa,” batu yang berada di samping bak tandon ini dulu tidak bisa di pindahkan meskipun menggunakan alat katrol,” bahkan beberapa alat yang didatangkan rusak ujarnya, sehingga ukuran bak tandon ini menyesuaikan dengan karena batu ini tidak dapat dipindahkan.

Setelah acara sambutan selesai semua undangan dan anggota Wisata Malang Explore kenduri dan makan bersama.

 

 

who the nexs

 

0 27

Ruwatan Sengkala Nagari Bur – Manuk & Pementasan Sendratari Garudeya dalam Rangka Pelestarian dan Pengembangan Budaya Nusantara bertempat di Candi Kidal Jalan Raya Kidal Desa Kidal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang yang dihadiri oleh Bapak Bupati  Malang H. Rendra Kresna. Dalam sambutan beliau menyampaikan  :

  • Ucapan salam dan Puji syukur dn Penghormatan kpd sesepuh dan Tokoh Budaya serta Sesepuh Kraton Undangan, beserta muspika dan jajaranya.
  • Upacara Tradisi Ruwatan bertujuan Mulia, ikut menjaga kedamaian ketrentraman, ketertiban, keamanan di jauhkan dari bahaya Sengkolo atau Bencana.
  • Mempertahan dn melestarikan Kebudayaan yg di turunkan dari leluhur sesepoh ( jgn lupa dan hrs mempertahan tradisi Kebudayaan leluhur asli Pribumi/lokal ) agar tdk tergerus dg kebudayaan baru/modern yg berasal dari luar/Negara Asing.
  • Dengan menjaga dan Melestarikan Kebudayaan Peninggalan Situs Bersejarah Kerajaan masa lalu dapat meningkatan kesejahteraan Masyarakat sekitarnya krn banyaknya kunjungan Turis Lokal maupun Mancanegara.
  • Perjalanan rangkaian sejarah harus di Uri – uri di teruskan ke generasi muda jaman sekarang sehingga Generasi muda sekarang mengerti asal usul dan Sejarah bangsa kita, jauh sebelum bangsa kita berdiri sudah ada tatanan Peradapan melalui Kerajaan2 yg pernah ada, yg dpt kita rasakan wujudnya hingga sekarang yaitu lambang Burung Garuda yg dulu di sebut Garudeya.
  • Mari bersama – sama bersinergi baik dari Dinas Pariwisata, Muspika dan peran serta masyaralat sekitar, turut berpartisipasi ikut menjaga dan melestarikan budaya lokal guna mendukung Program Bupati yg salah satunya Peningkatan dan Pengembangan Sektor Pariwisata.

Setelah sambutan Bapak Bupati dilanjutkan Sendra Tari Wayang Orang dengan Cerita Garudeya, Dalang moderator, Ki Sholeh Mangun Darmo.

0 82

Ucapan salam dan terimakasih kepada undangan yg hadir pada rapat pembentukan panitia PHBN dan Hari jadi Kabupaten malang pada hari ini. Kegiatan Pembebtukan Panitia ini adalah agenda rutin yg kita lakukan setiap tahun dan merupakan agenda tahunan Kabupaten Malang yang membedakan yaitu tempat pelaksanaan, berdasarkan usulan dan referensi kegiatan yg sebelumnya maka pusat kegiatan sering berganti tempat. Pelaksanaan untuk tahun sekarang Pameran/expo Tahun 2018 akan dilaksanakan di bulan Agustus ini juga berdasarkan masukan mengingat sebelumnya expo dilaksanakan bulan November, di bulan ini cuaca sering hujan sehingga dimajukan. Dari rencana tersebut mohon setiap kepala desa untuk menyiapkan produk unggulan untuk pameran baik produk pertanian maupun industri kecil rumah tangga (home indutri ) kerajinan. Untuk stan nanti minimal 5×5 dan mudah mudahan nanti cukup tempat untuk pameran produk Kec. Tumpang, kalau kemarin kita per korwil tapi sekarang bpk. Bupati mebghendaki setiap kecamatan ada lokasi/stan sendiri sendiri. Berkenaan biaya dan bentuk acara yg akan kita laksanakan menurut bpk Bupati ” Jangan mengeluh karena ini agenda tahunan , jadi rencanakan dengan baik . Stan kita nanti kita buat sebagai wajah Tumpang , jadi dari budaya, sejarahnya serta produk dan Tumpang juga kita tonjolkan sebagai tempat wisata . pakaian kita gunakan baju daerah untuk penjaga stan agar nanti tampil beda dan penjaga stan ( SPG) harus anak anak muda jangan orang tua mengingat pameran itu harus menarik dan disiapkan brosur brosur yg memudahkan pengunjung mendapatkan informasi dengan tepat berkenaan dengan Produk Tumpang.

0 24

Kegiatan NOBAR ( Nonton Bersama Piala Dunia Russia 2018 ), kecamatan Tumpang terhitung sangat sukses. Nonton  bersama Piala Dunia Russia dalam pelaksanaannya dilakukan Panitia ( Panitia Nobar ) panitia yang dibentuk di kantor Kecamatan Tumpang itu terdiri dari Muspika Kecamatan dan KMB ( Kawula Muda Bersatu ), serta melibatkan Perangkat Desa sehingga dalam pelaksanaan bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

sejak pelaksanaan semi final Panitia sampai final panitia memberikan hadiah kepada penonton yang hadir dengan memberikan pertanyaan seputar nama -nama , Kepala Desa , Camat Tumpang , Bupati Malang, istri Presidan RI dan juga Istri Bupati Malang , peserta yang dapat menjawab akan mendapatkan hadiah yang sudah di kemas / disiapkan oleh Panitia. Pemberian hadiah dilakukan oleh Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos. , Kapolsek Tumpang ( AKP. Yusuf Suryadi ) Dan Ramil Tumpang ( Kap. Kav. Darto .S ) .

Dalam mengemas NOBAR Piala Dunia Russia 2018 Panitia Nobar Kecamatan Tumpang juga menghadirkan hiburan Elekton beserta biduan sebelum acara Piala Dunia dimulai sehingga dapat menyerap banyak penonton, selanjutnya pembagian hadiah kuis dilanjut saat babak pertama selesai ( Halp Time ).  Penonton juga di suguhi dengan camilan  dan juga makanan-makanan lain seperti pisang rebus, singkong dan juga tidak ketinggalan kopi Tumpang.

 

 

0 42

Tumpang, 25 Juni 2018

Rapat Kerja Pemanku Kepentingan Pelaksanaan Tahapan Masa Tenang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilgub tahun 2018, melakukan Koordinasi diantaranya yang hadir :

1.  Polsek diwakili ( Aiptu Edy. S)

2. Koramil ( Peltu Wirat Moko) dan Pelda, Yohan Efendi
3. Kepala Puskesmas ( dr. Sri Juliati )
4. Ketua Panwas ( Nurul Mustofa S.PTi)
5. Ketua PPK ( Drs. M. Anwar)
6. Kasi Trantib ( Rosidi )
7. Staf Kec. ( Sukiono )
8. Team Kampanye Paslon 2 ( Kibat) dan Jangkung.

Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ). Permasalahan yang dibahas adalah berkenaan dengan akan dilakukanya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tnggal 27, Juni 2018 rabu lusa.

Dalam koordinasi tersebut membahas rencana sekalian laporan Ketua PPK ( Drs. M. Anwar ) dalam melakukan tahapan-tahapan serta mendengarkan kendala yang dihadapi. Dalam rapat dengar pendapat tersebut tidak ditemui kendala atau hambatan yang serius intinya hanya masalah teknis, seperti data pemilih yang tidak sesuai dengan alamat TPS, sedangkan dalam pendataan sudah benar.

Sambutan Camat Tumpang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ),  ” Menghadapi Pilgub tgl. 27 besuk meskipun kondisi saat ini kelihatanya adem ayem tapi jangan mengendurkan kewaspadaan kita terhadap  keamanan dan kelancaran Pesta Demokrasi ini. Suasana yang demikian juga bisa mengendurkan pemilih untuk datang ke TPS, Namun demikian mohon yang  hadir untuk menghimbau dan men-sosialisasikan agar warga mau hadir dan memilih di TPS.
Target kita harus diatas 50% tingkat kehadiran masyarakat, meskipun memilih itu hak asasi setiap individu tapi perlu adanya saran pembelajaran agar timbul antusias isme masyarakat
tetap lakukan pengawasan agar tidak terjadi  pelanggaran serta masalah di belakanghari  jangan berpatokan bahwa Pemilu saat ini adem ayem yang penting kita tetap waspada. ” ujar Pak Camat

0 42

Menghadapi bulan puasa dan Hari Raya Idulfitri ( 1439 H. ) Kecamatan Tumpang melakukan persiapan dengan mantab. sehingga dalam pelaksanaan dari sholat tarawih sampai sholat Id Tumpang tetap aman dan terkendalai. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari petunjuk dari atas ( Kabupaten )/ top down dan kedisiplinan Camat Tumapang ( Sugeng Prayitno, S.Sos ) yang mematuhi segala petunjuk dari pimpinan didukung kesigapan semua stek holder yang ada.

Safari Romadhon yang dilakukan bersama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda oleh Muspika Kecamatan Tumpang ternyata membawa hasil,  sosialisasi dan paparan yang diberikan kepada masyarakat ternyata berimbas positiv. Selama bulan puasa tidak ada kejadian yang menonjol kecuali ada temuan Dua pemuda yang membuat petasan. Kejadian di Surabaya ( Peledakan Gereja ) yang tadinya sangat meresahkan masyarakat juga di antisipasi dengan melakukan pendekatan terhadap tokoh-tokoh agama dengan melakukan berbuka bersama dan tarawih bersama.

Puncak dari pengamanan Hari Raya Idulfitri yaitu malam takbir juga berjalan dengan mulus. semenjak jam 5 sore pengamanan sudah berkumpul di halaman Polsek Tumpang setelah melakukan apel bersama yang dipimpim Camat Tumpang dilanjut buka bersama di kantor kecamatan Tumpang. Apel siaga yang di hadiri sekitar 80 personel diantaranya : Bankom 56 ( Orari ) ) dan Kepala Desa se Kecamatan Tumpang serta dari anggota LINMAS, Koramil , Perangkat Desa, Sat Pol PP, Stap Kecamatan Tumpang selain pak Camat yang memberikan samabutan juga Dan Ramil ( Kapten Kav. Darto S. ) serta Kapolsek Tumpang ( AKP. Yusup ), yang masing masing memberikan paparan pengamanan.

NOBAR  ( Nonton bersama Piala Dunia ) yang disediakan di depan Pendopo Kecamatan Tumpang juga sangat mendukung keamanan, pemuda pemudi / penggemar bola sehingga tidak mencari-cari tempat untuk berkumpul bersama menikmati sajian Piala Dunia, karena kecamatan sudah memfasilitasi dengan layar lebar dengan kualitas gambar yang sangat baik serta camilan….

selamat menikmati.Apel Siaga Malam Takbir ( Camat Tumapang , Sugeng Prayitno, S.Sos )Buka Bersama Jama’ah Majelis Riatusunah.

0 25

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tumpang pada hari Jum’at 8 Juni 2018 bertempat di Balai Desa Slamet melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kerja dan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018. Bimtek ini diikuti oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Sekretariat PPS dan KPPS Desa Slamet dan Desa Wringinsongo

Ketua PPK Kecamatan Tumpang, Drs. Moch. Anwar membuka secara resmi pelaksanaan Bimtek yang dimulai pada lebih kurang pukul 20.00 WIB. Seluruh Komisioner PPK dan staf Sekretariat PPK Kecamatan Tumpang menghadiri pembukaan Bimtek yang dihelat di Balai Desa Slamet ini.

 

0 34

Pada hari Jum’at tanggal 8 Mei 2018 Kecamatan Tumpang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Malangsuko mengadakan Bimbingan Teknis Linmas guna membantu Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tanggal 27 Juni 2018 diharapkan Peran serta Linmas guna mendukung keamanan dan ketentraman dilingkungan dan Kasi Trantib Kec. Tumpang (M. ROSIDI) mengingatkan bahwa pentingnya peran serta Linmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan dengan menyampaikan fungsi linmas dalam kehidupan masyarakat sehari – hari berdasarkan asas legalitas, yaitu :

  • Fungsi Linmas sebagai bagian dalam penanggulangan bencana
  • Fungsi Linmas sebagai bagian dalam pengamanan pemilu
  • Fungsi Linmas sebagai bagian dalam antisipasi terorisme
  • Fungsi Linmas dalam keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat
  • Fungsi Linmas dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya.